Selasa, 06 Mei 2008

Keamanan Jaringan


Beberapa Ancaman dan Serangan pada Jaringan

Tujuan utama dengan adanya keamanan adalah untuk membatasi akses

informasi dan sesumber hanya untuk pemakai yang memiliki hak akses.

Ancaman keamanan:

Leakage (Kebocoran) pengambilan informasi oleh penerima yang tidak berhak
Tampering pengubahan informasi yang tidak legal
Vandalism (perusakan) gangguan operasi sistem tertentu. Si pelaku tidak mengharap keuntungan apapun.

Jaringan

Serangan pada sistem terdistribusi tergantung pada pengkasesan ke saluran komunikasi yang ada atau membuat saluran baru yang menyamarkan (masquerade) sebagai koneksi legal

● Penyerangan Pasive, Hanya mengamati komunikasi atau data
● Penyerangan Aktif, Secara aktif memodifikasi komunikasi atau data
● Pemalsuan atau pengubahan Email
● TCP/IP Spoofing
Beberapa Metode Penyerangan

Eavesdropping mendapatkan duplikasi pesan tanpa ijin
Masquerading Mengirim atau menerima pesanmenggunakan identitas
lain tanpa ijin mereka
Message tampering Mencegat atau menangkap pesan dan mengubah isinya sebelum dilanjutkan ke penerima sebenarnya.
“man-in-the-middle attack”
adalah bentuk message tampering dengan mencegat pesan pertama pada pertukaran kunci enkripsi pada pembentukan suatu saluran yang aman.

Penyerang menyisipkan kunci lain yang memungkinkan dia untuk mendekrip pesan berikutnya seelum dienkrip oleh penerima
Replaying menyimpan pesan yang ditangkap untuk pemakaianberikutnya.
Denial of Service membanjiri saluran atau sesumber lain dengan pesan yang bertujuan untuk menggagalkan pengaksesan pemakai lain

Keamanan Transaksi Elektronik
Keamanan sangat dibutuhkan pada kebanyak transaksi
• E-commerce
• Banking
• E-mail

Transaksi elektronik dapat aman jika dilindungi dengan kebijakan
dan mekanisme keamanan.

Contoh : Pembeli harus dilindungi terhadap penyingkapan kode credit number selama pengiriman dan juga terhadap penjual yang tidak bersedia mengirim barang setelah menerima pembayaran. Vendor harus mendapatkan pembayaran sebelum barang dikirim, sehingga perlu dapat memvalidasi calon pembeli sebelum memberi mereka akses

Kebijakan dan Mekanisme Keamanan
Pemisahan antara kebijakan dan mekanisme keamanan akan membantu
memisahkan kebutuhan implementasinya
Kebijakan menspesifikasikan kebutuhan
Mekanisme menerapkan spesifikasi kebijakan tersebut
Berdasar spesifikasi dari OSI, sebuah layanan (kebijakan) keamanan meliputi :
Access Control, Perlindungan terhadap pemakaian tak legak
Authentication, Menyediakan jaminan identitas seseorang
Confidentiality (kerahasiaan), Perlindungan terhadap pengungkapan identitas tak legak
Integrity, Melindungi dari pengubahan data yang tak legak
Non-repudiation (penyangkalan), Melindungi terhadap penolakan komunikasi yang sudah pernah dilakukan Untuk mencapai layanan keamanan tersebut, mekanisme-mekanisme
yang dapat diterapkan :
Enkripsi Digunakan untuk menyediakan kerahasiaan, dapat menyediakan authentication dan perlindungan integritas
Digital Signature
Digunakan untuk menyediakan authentication, perlindungan integritas, dan non-repudiation
Algoritma Checksum/Hash
Digunakan untuk menyediakan perlindungan integritas, dan
dapat menyediakan authentication Satu atau lebih mekanisme dikombinasikan untuk menyediakan security service.



0 komentar: